Assalamu’alaikum wr.wb sahabat muslim, kita akan membahas apa sih wakaf itu. Pasti sahabat muslim sekalian sudah sering sekali mendengar wakaf, namun kita akan membahas sedikit lebih dalam tentang wakaf, wakaf menurut segi bahasa berarti berarti menahan. Sedangkan menurut istilah syara’, menahan sesuatu yang kekal sifatnya, untuk digunakaan manfaatnya sebagai kebajikan umat Islam. Menahan disini maksudnya benda yang tidak dijual ataupun diberikan maupun di wariskan, hanya disodaqohkan untuk digunakaan manfaatnya saja.

Setelah membahas pengertian dari wakaf, kita akan membahas manfaat bagi yang mewakafkan maupun yang menerima :

  1. Pahala yang tidak akan pernah terputus.

Selama benda yang diwakafkan masih bermanfaat, pahala bagi pewakaf tidak akan terputus meskipun orang itu telah meninggal dunia.

Artinya: “Apabila anak Adam meninggal dunia maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga (macam), yaitu sedekah jariyah (yang mengalir terus), ilmu yang dimanfaatkan, atau anak shaleh yang mendoakannya.” (HR Muslim).

  1. Menambah rasa peduli terhadap sesama.

Seorang dermawan yang mewakafkan hartanya pasti akan menambah rasa peduli dalam dirinya dan memiliki kepekaan social yang tinggi dibanding orang lain yang sibuk menimbun harta kekayannya.

  1. Indahnya membantu orang lain yang kesusahaan.

Misalnya wakaf tanah yang akan selalu bermanfaat untuk masyarakat sekitar untuk membangun masjid, membuat rumah untuk kaum dhuafa, atau wakaf al qur’an untuk anak-anak kurang mampu yang ingin bisa membaca al-qur’an dan membuat mereka bahagia.

  1. Menyadarkan bahwa harta benda di dunia hanya pinjaman yang akan kembali padanya.

Sesungguhnya yang kekal hanyalah amalan ibadah yang kita lakukan selama hidup, bermanfaatkah atau untuk maksiatkah.

Sekian pembahasan kali ini, jika banyak kekurangan mohon dimaafkan karena yang sempurna hanya milik Allah SWT, wassalamu’alaikum wr.wb.